Cara Menjadi Gusti Allah
MENJADI GUSTI ALLAH
Menuju derajat “takwa” yang hakiki perlu perjuangan yang berat. Nglakoni tahap demi tahap dengan sabar, awas, eling dan waspada agar “ngelmu” kita semakin sempurna.Adalah sebuah keharusan bila kita ingin peningkatan kualitas spiritual kita, maka kita dianjurkan untuk mengarahkan orientasi dari “luar” menuju ke “dalam”, kemudian mengarah lagi ke “luar” dan terakhir ke “dalam” lagi. Berikut keempat tahap itu:
I.
Sebagaimana perjalanan para nabi dalam sejarah, Adam, Nuh, Ibrahim,
Musa, Isa, Muhammad SAW dan seterusnya…atau nabi Budha. Lahir, anak-anak
dan beranjak remaja dia mengamati lingkungan sekitarnya. Tarafnya
adalah olah indera dan raga, latihan kepekaan dan penajaman indera mata,
telinga, perabaan kulit, menyerap dan menghembuskan nafas dan mulut
untuk merasakan sesuatu. Berbagai pengalaman luar dirasakan oleh
indera. Mata melihat bagaimana perjalanan kehidupan manusia: Lahir,
remaja, dewasa, sakit, tua, mati…. Ini adalah tahap pemusatan ke luar…
ke benda-benda / obyek-obyek khusus SAMANTA BHAVANA.
II.
Tahap selanjutnya, mengarahkan pemusatan perhatian atau orientasi
hidup ke “dalam”. Mulailah kita merenungkan hubungan sebab akibat,
kenapa ada orang hidup..kenapa ada orang mati.. kenapa manusia
dihidupkan, apa hakikat hidup… Apa penyebab semua yang hidup? Bila ada
Sang Pencipta, kenapa dia menciptakan kita? …. Konsentrasi diarahkan
ke pergerakan akal yang diliputi oleh batin/rasa pangrasa. Akal
menemukan hakikat, rasa melanjutkan dengan penghayatan. Tuhan ditemukan
melalui logika, dilanjutkan dengan mengakui dan mengimani keberadaannya.
Terjadi evolusi pada setiap fase.Ruhani manusia terus bermetamorfosis; dari orientasi jasad fisik, kemudian beralih konsentrasi ke batin. Dia mengolah batinnya, kejadian demi kejadian yang dialami dalam pengalaman nyata berhasil diambil kesimpulan bahwa SEMUA YANG ADA INI ADA HIKMAHNYA. Hikmah apa? Hikmah untuk memaknai perjalanan hidup ini dengan benar, lurus dan terbukanya pintu kebenaran. Shiratal mustaqim yakni jalan yang lurus. Jalan apa? Jalan kehendak, akal, nafsu menuju iradat Gusti. Jalan yang mengarah lurus itulah yang benar. Tanda-tanda orang yang sudah mencapai tahap benar ini adalah terbuka terhadap semua pandangan yang berbeda. Mampu meresapi semua keyakinan yang dianggap benar oleh setiap orang, dan kemudian mampu mengambil sari kebenaran tersebut. Dia telah mendapatkan PANDANGAN TERANG… VIPASSANA BHAVANA.
Inilah tahap IQRA sang Muhammad SAW, atau saat nabi Budha mendapatkan Pencerahan di bawah Pohon Bodhi. Mereka ditemui Ruhul Quddus, Malaikat Jibril. Gerak batin kita padu, serasi dan selaras dengan gerak batin-Nya. Mampu membaca keinginan Tuhan dalam hidupnya setiap hari. Batin kita tidak hanya mengingat-Nya dalam setiap tarikan/hembusan nafas dan detak nadi. Namun juga batin kita berkomunikasi intensif berbicara, berbincang-bincang, berdiskusi dengan batin-Nya. Seperti orang berkasih-kasihan. Keduanya saling menakar, mempertimbangkan dan menilai masing-masing.
III.
Tahap selanjutnya perjalanan spiritual yang lebih tinggi lagi adalah
meditasi ke semua titik. Mengarahkan konsentrasi indera, batin dalam
perbuatan nyata. Tapa ngrame. Beramal sosial. Menyempurnakan penciptaan
Tuhan. Memayu hayuning bawono untuk Memayu Hayuningrat. Pada tahap
ini, semua sudah terang benderang di depan semua inderanya, di dalam
batinnya. Ibadah sosial ini dilakukan tanpa pamrih apa-apa, kecuali
netepi titahing Gusti. Apa saja titah gusti pada kawolo/hamba akan
dilaksanakan tanpa malas. Bila tidak dilaksanakan, dia akan terkena
hukuman. Pengajaran Tuhan disampaikan secara langsung tanpa utusan gaib
lagi. Ini tahap saat Nabi berjuang untuk memberi kabar Tuhan, berdakwah
terang-terangan ke segenap sedulur papat/semua arah penjuru bumi.
Menyebarkan kasih sayang-Nya. Tuhan mewartakan apa saja, sang hamba
berkewajiban melanjutkan sabda-Nya.Dia sudah berderajat para nabi dengan pencapaian ruhani yang sangat tinggi. Namun dia sadar tetap manusia biasa yang masih punya jasad. Kesadaran bahwa kita tetap manusia harus dimiliki. Syariat agama tidak boleh ditinggalkan. Semua nabi telah mencapai derajat ketiga ini. Dia sudah ada di langit ketujuh, langit diri pribadi tertinggi…
IV.
Tahap selanjutnya meditasi adalah mengarahkan diri ke “dalam” lagi.
Manusia sudah tinggal aku sejati/ruhnya saja. Ngracut, mencair dan
menguap bersama Gusti. Ia sudah mukso. Menjadi cahaya
bersama-Nya. Hidupnya abadi. Tidak mengenal kematian. Kematian sudah
bisa ditentukan kapan dan dimana. Manusia bisa melihat apa yang akan
terjadi. Rentangan kejadian yang ada di alam semesta dilihatnya dengan
diam. Semua gerakan batin yang menggelora ada di kekuasaannya. Sang
diri pribadi mampu membaca buku “agenda” yang dibuat bersama antara ruh
kawulo dengan Gustinya lagi.Bila selama ini dia hanya bisa meraba-raba, sekarang dia sudah dengan sangat gamblang membaca agenda tersebut. Komunikasi dengan Gusti sudah tidak ada. Kenapa? Bukankah komunikasi butuh dua kehendak yang berbeda? Sementara di tahap akhir ini, dua kehendak itu sudah menjadi satu kehendak saja. Pada tahap ini, Kawulo sudah manunggal/jumbuh dengan Gustinya. Manunggal apanya? Semuanya. Ya iradatnya, ya sifat-sifat-Nya, ya asma-Nya, ya af’Alnya/perbuatannya.
Dia adalah Sumber dari Segala Sumber Cahaya Kebenaran itu sendiri. Apapun yang diinginkannya, adalah Kun Fayakun. Dia mengalami suwung… fana…..dalam kesatuan-Nya…. inilah hakikat takwa: yaitu “benar-benar” menjadi Gusti Allah… Ini hanya dicapai oleh pribadi yang telah tersinari oleh Nur Muhammad, diri pribadi yang memancarkan nilai-nilai terpuji. Sudah tidak ada langit lagi yang harus didaki, bahkan langit dan bumi sudah manunggal dalam satu titik lagi.
Comments
Post a Comment
tuliskan komentar anda untuk tanya jawab seputar ilmu di atas dan juga silakan menjawab komentar sedulur yang kira2 bisa menjawab isi komentar yang sudah ada.
terima kasih..