Refleksi Setiap Idul Adha

REFLEKSI IDUL ADHA

MENGINTEGRASIKAN “AKU SEJATI “DALAM HIDUP SEHARI-HARI
Kesadaran adalah tingkat persepsi kita tentang diri kita dan dunia di sekitar kita. Semakin tinggi persepsi, semakin besar kesadaran. Mereka yang telah memiliki pengalaman spiritual yang tinggi mencatat bahwa keadaan kesadaran mereka telah meningkat melampaui norma, memungkinkan orang untuk mengalami keberadaan dari perspektif yang sama sekali baru. Apa saja perspektif baru itu?
Salah satu pengalaman yang paling umum dari kesadaran spiritual adalah perasaan “kesatuan.” Kesatuan sering dialami sebagai perasaan bahwa segala sesuatu adalah bagian dari keseluruhan, atau bahwa kita semua berasal dari satu sumber yang sama dan berbagi semangat kegairahan spiritual yang sama.
Persepsi umum biasanya menganggap bahwa  dunia adalah suatu massa dari bentuk-bentuk kehidupan individu yang masing-masing memiliki nasibnya sendiri. Padahal di balik penampilan dunia yang beraneka rupa ini ada sifat hakiki keberadaan yaitu  Satu Kesadaran Ilahi. Kesadaran ini mengungkapkan dirinya dalam alam semesta dalam berbagai bentuk yang masing-masing dengan kemauan untuk “menjadi”. Namun pada kenyataannya setiap bentuk adalah ekspresi dari Yang Satu. Semua realisasi ruhani yang sejati dimulai dengan persepsi baru yaitu Keesaan Esensial dari semua makhluk dan  semua hal.
Pengalaman spiritual akan kesatuan sering diungkapkan dengan perasaan atau pengertian bahwa kita adalah semua sejatinya adalah satu esensi atau ruh. Kita mengalami bahwa kekuatan jiwa yang ada di dalam diri kita jugaada di setiap orang yang kita jumpai. Persepsi mendalam memiliki efek mengurangi hambatan-hambatan yang kita rasakan antara diri kita dan orang-orang di sekitar kita. Pada gilirannya mengarah pada kesadaran bahwa kepentingan orang lain sama pentingnya dengan kita sendiri. Jika kita membawa pengalaman ini ke dalam kehidupan sehari-hari kita, maka kita akan memiliki rasa hormat yang mendalam dan abadi pada setiap orang yang kita temui sepanjang jalan. Hidup kita pasti akan mengarah pada peningkatan energi, kebahagiaan, dan nasib baik bagi diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita.
Banyak nilai-nilai pribadi umum dapat dikatakan berasal dari pengalaman batin akan kesatuan. Contoh dari nilai-nilai pribadi ini misalnya kepedulian terhadap orang lain, kepercayaan, toleransi, keterbukaan, penghormatan terhadap individu, dan kerja sama tim. Kita mengatakan bahwa fondasi terbesar untuk hidupnya bermasyarakat dan peradaban kolektif secara keseluruhan salah satunya berakar pada pengalaman ini dan kenyataan bahwa semangat dalam “diriku” berada dalam setiap orang lain di dalam komunitas itu. Kesatuan spiritual ini diharapkan akan terbentuk di masa depan.
Dengan kesadaran ini, maka ada baiknya melakukan langkah sebagai berikut: Jika Anda bertemu dengan orang lain ingatkan pada diri sendiri bahwa semangat yang ada di dalam diri sendiri ada juga di dalam diri mereka. Dengan kata lain, mereka, adalah Anda juga. Selain itu, setiap kali Anda berbicara dengan orang lain fokuskan sepenuhnya pada minat, kebutuhan, pendapat dan terimalah mereka seperti Anda sendiri.

Pengalaman spiritual kedua saat mengalami kesatuan dengan orang lain adalah persepsi bahwa ada suatu tingkat kesadaran yang melampaui pengalaman normal terhadap apa yang baik dan yang buruk. Orang biasanya menerima hal-hal baik yang terjadi dalam hidup sebagai “baik” dan hal-hal buruk yang terjadi sebagai “buruk.”
Bila pengalaman kesatuan ruhani kita naik ke tingkat yang lebih tinggi maka pengetahuan dan wawasan baru akan datang. Yaitu pengetahuan untuk mengerti bahwa sebenarnya tidak ada perbedaan antara keduanya. Bahwa yang “buruk” sebenarnya memiliki tujuan yang sangat penting yaitu membantu proses dunia untuk berevolusi. Dalam pengertian itu sama baiknya dengan yang “baik.” Sebaliknya melalui pengalaman kesadaran spiritual kita mulai melihat bahwa banyak hal yang kita lihat sebagai “baik” mungkin tidak benar-benar baik.
Berapa banyak dari kita telah melihat kembali selama hidup dan telah melihat bahwa pengalaman yang sulit kita telah kita lalui (bahwa pada saat kita dianggap sebagai “buruk”) sering merupakan pintu memasuki sebuah awal baru atau peluang baru. Jika kita dapat membawa ke dalam kehidupan sehari-hari yaitu kesadaran melampaui baik dan buruk, maka kita akan tenang dan pikiran lebih terpusat. Ini  memungkinkan kita untuk membuat keputusan yang lebih baik karena kita melihat dunia dengan kedalaman yang lebih besar dan kebenaran yang lebih absolut, kesuksesan yang lebih besar dan kebahagiaan dalam hidup.
Mengatasi Keterbatasan Pikiran
Memiliki pengalaman spiritual akan kesatuan membantu kita mengenali bahwa proses berpikir kita, pikiran kita, adalah instrumen yang sangat terbatas. Sebelumnya akan terasa bahwa kesadaran spiritual kita tampak lemah dan terbatas, penuh dengan prasangka dan pembenaran; perspektif dan pengetahuan yang kita miliki bersifat situasional dan tergantung keadaan. Kita kemudian akan menemukan bahwa pikiran cenderung untuk memilih satu kebenaran dari kebenaran yang lebih besar, satu bagian dari teka-teki dan membuang sisanya. Atau hal-hal ini terbagi menjadi potongan-potongan atau bagian, tidak bisa memegang kebenaran yang lebih luas untuk mengetahui gambaran besar.
Dari penemuan ini keterbatasan pikiran kita dapat membuat kita berupaya untuk memecahkan kebekuan sikap kita, pendapat, dan kebiasaan. Upaya ini dapat membantu kita agar menjadi lebih toleran, bersemangat, dan terbuka terhadap kemungkinan mendapatkan kebenaran yang penuh, bukan kebenaran yang terbatas oleh pikiran kita sendiri.
Pengalaman spiritual sering mengarah pada suatu kesadaran bahwa hal-hal yang terjadi di luar diri kita dan hal-hal dalam diri kita memiliki korelasi dan hubungan langsung. Pikiran mengatakan bahwa ada hal yaitu obyek dan subyek, ada dua fakta yang berbeda, dan tidak mungkin mempunyai hubungan langsung. Sebagai contoh, bagaimana bisa mengubah sikap mungkin berhubungan dengan keadaan yang positif terjadi pada Anda beberapa saat setelah berhubungan dengan apapun. Pikiran kita kemudian menunjukkan bahwa ada hubungan yang berada di luar batas-batas normal kausalitas, ruang dan waktu..
Kesimpulannya kemudian bahwa segala sesuatu yang terjadi di sekitar Anda adalah refleksi dari pikiran terdalam, keyakinan, dan sikap. Jika ada sesuatu yang salah di luar, Anda biasanya menemukan yang sesuai persepsi batin yang negatif kemudian ingin mengubahnya. Hal ini pada gilirannya membawa kita pada pemahaman bahwa kita dapat dan harus bertanggung jawab untuk segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita, dan dapat membuat perubahan dalam dunia di sekitar kita.
Jika sikap dan pendapat Anda akan dipantulkan oleh keadaan di sekitar Anda, maka kita dapat membuat usaha untuk mengubah dunia di luar dengan membuat perubahan di bagian dalamnya. Yaitu dengan mengubah sikap kita, pendapat, dan kebiasaan, atau mengambil tindakan tertentu. Dalam keadaan tertentu kehidupan di luar dapat segera menanggapi upaya batin Anda. Jika Anda bisa melihat sisi positif dan negatif suatu keadaan dan mencocokkannya dengan sikap yang sesuai, nilai, atau kebiasaan di dalam diri Anda, Anda akan memahami karakter kehidupan, dan memperoleh kemampuan untuk menguasai hidup. Tidak ada cara yang lebih cepat untuk mengubah dunia di sekitar kita daripada bertindak dari ketenangan batin yang positif.
Maka setiap kali kita merasa terganggu oleh sesuatu di luar, cobalah untuk melihat terbatas sesuai kebiasaan, pendapat, atau sikap. Lalu berusaha untuk mengubahnya pada saat itu. Lebih baik lagi mengembangkan sebuah rencana aksi untuk mengubahnya dalam semua aspek kehidupan kita.
Keterbukaan Alam
Ketika kita melihat dengan kesadaran ruh, kita akan melihat bahwa segala sesuatu mempunyai tujuan sendiri dan pembenaran. Biasanya kita menginginkan hal ini terjadi dan bukn hal itu. Atau mengharapkan satu hal terjadi lebih dari yang lain. Namun, ketika kita mengalami kesadaran spiritual kita merasakan bahwa setiap hal itu sejatinya memiliki tujuan, bahwa ada yang berlangsung alami di luar keinginan dan persepsi kita yang terbatas. Kesadaran ini memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan kehidupan yang lebih bahagia dan jauh lebih berhasil ketika kita mengikuti benang kehidupan berlangsung, bukan karena ego kita. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan energi, mengurangi stres, yang semakin positif, dan kemungkinan peningkatan prestasi besar, kesuksesan, dan kebahagiaan dalam hidup.
Semua kesatuan persepsi ini dapat membawa kita untuk memahami bahwa semua eksistensi sedang bergerak menuju derajat yang lebih besar yaitu terjadinya rekonsiliasi, kesatuan, dan harmoni.  Perjalanan spiritual akan membawa ke dunia persepsi batin bahwa semua kehidupan adalah bergerak menuju tingkat yang lebih tinggi yaitu rekonsiliasi; antara batinnya dan keadaan luar, antara pikiran terbatas dan kebenaran sejati, antara “baik” dan ” buruk “, bahkan antara nasibnya sendiri dan nasib dunia di sekelilingnya, termasuk takdir spiritualnya.
Harmoni adalah nilai spiritual terbesar yang dapat mengarah pada rekonsiliasi tak terbatas, kesatuan, dan kebenaran, yang dapat digunakan untuk membuka kita untuk kemungkinan yang paling tinggi untuk prestasi dan kebahagiaan dalam hidup. Bahkan, semua masalah kehidupan pada dasarnya adalah masalah harmoni. Pada haakikatnya kita semua adalah satu, tetapi karena kita hidup dalam kesadaran yang terbatas, kita biasanya tidak melihat dan memahami harmoni yang mendasari segala sesuatu; antara kita dengan orang lain, diri kita sendiri dengan lingkungan, diri kita dengan Ilahi.
Namun, keselarasan tidak berarti harus berkompromi. Ini berarti kita diharapkan untuk menggunakan pemahaman yang lebih tinggi untuk menemukan rekonsiliasi sejati antara hal yang berlawanan kita hadapi. Semua pertentangan bagian dari sebuah kesatuan yang mencari ekspresi melalui berbagai permainan oposisi. Terus-menerus berusahalah untuk menemukan harmoni dalam semua yang Anda lakukan.
Fenomena lain yang telah dirasakan oleh orang-orang yang telah memiliki pengalaman spiritual adalah merasa memiliki semacam energi atau kekuatan spiritual, bahkan mungkin semacam kenikmatan atau kebahagiaan. Ini disebabkan spiritualitas itu ibarat sebuah arus, atau energi yang memancar dari satu substansi. Banyak orang telah belajar untuk mengumpulkan kekuatan untuk mempengaruhi hasil peristiwa dan keadaan.
Cara lain gaya bekerja adalah sebagai Perdamaian. Damai adalah suatu keadaan yang penuh ketenangan dan keheningan dari mana semua hasil yang sukses dalam hidup harus dimulai. Salah satu langkah pertama dalam perjalanan adalah untuk membangun perdamaian di alam fisik kita. Kita harus menenangkan tubuh dan saraf untuk mencari apa yang berada di luar permukaan yang kita. Kedamaian ruhani datang disiplin diri dan memanggil ke getaran yang lebih tinggi ke dalam tubuh. Ini adalah langkah penting dalam setiap jalan spiritual. Setelah perdamaian fisik kita harus belajar untuk membebaskan diri dari pengaruh pikiran yang sifatnya rendah
Berikut salah satu teknik Memanggil Perdamaian: Ambil setiap situasi di mana ada kekacauan, kebingungan, atau keadaan negatif lainnya. Cobalah untuk menemukan titik dalam diri Anda sendiri di mana ada tenang dan damai. Jika Anda tidak dapat menemukan titik itu panggilan ke dalam situasi damai. Ketika Anda merasa Anda berada pada titik tenang dan damai maka melanjutkan kegiatan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa dengan “menelepon” perdamaian maka Anda dapat menenangkan pikiran Anda, mengurangi rasa sakit, dan menarik situasi yang positif di sekitar kita bahkan dapat membantu menghentikan kejadian negatif di sekitar, seperti kerusuhan.
Memanggil kedamaian dalam diri sendiri juga merupakan cara untuk mengurangi rasa sakit fisik. Ketika rasa sakit muncul, tenangkan pikiran, dan jangan biarkan rasa sakit berkuasa. Kemudian panggil Perdamaian ke diri sendiri untuk beberapa saat. Tenang. Rasa sakit akan hilang dengan mudah. Ini juga merupakan teknik yang besar untuk mengurangi stres. Teknik: Setiap kali Anda tidak seimbang, mental atau emosional, jangan mencoba untuk memecahkan masalah. Pertama tenangkan diri dalam damai. Salah satu teknik adalah memanggil Perdamaian masuk ke diri kita selama beberapa saat.  Setiap kali merasa sakit fisik, coba untuk tidak bereaksi terhadap sensasi dengan mental atau perasaan emosional. Tetap tenang, dan kemudian mulai mengabaikan rasa sakit. Jangan mengatakannya kepada orang lain, terutama dokter. Sebelum tidur bercita-cita untuk tenang, tenang tidur. Serukan Perdamaian ke dalam diri kita sebelum hanyut tertidur.
Cara terakhir dapat merasakan semangat sebagai kekuatan adalah menjalani hidup dengan kegembiraan dan kesenangan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengalami masa-masa senang dan susah. Dunia tampak penuh dengan penderitaan dan rasa sakit. Tetapi jika kita melihat di balik permukaan, kita menemukan bahwa semua itu adalah digerakkan oleh iradat Ilahi. Ini adalah proses yang sama bila kita mencari “diri sejati” di dalam diri kita. Melalui doa, meditasi, kontemplasi, atau mengabdi pada-Nya maka seseorang dapat belajar untuk masuk ke dalam kesadaran bahwa itu semua adalah bagian dalam rencana Tuhan, cara kerja-Nya yang terungkap. Ketika kita memahami hal ini dalam kehidupan kita akan muncul perasaan ruhani yang mendalam dan kebahagiaan bereksistensi.
Rahasia Terbesar
Menghormati Sumber Segala Sumber Tertinggi akan membuat keadaan menjadi positif. Dalam lintasan sejarah, orang yang telah mengalami kesadaran spiritual akan merasakan kekuatan atau arus yang mengangkat ruh  yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kehidupan kita sehari-hari.  Biasanya kita menciptakan hasil yang positif dalam kehidupan kita dengan memiliki keterampilan yang tepat dan jika kita mengoptimalkan kapasitas kita. Namun untuk pindah ke tingkat kesempurnaan dalam segala situasi atau keadaan, kita perlu satu hal lagi; kerjasama dengan ruh.
Dalam hidup, kita biasanya tidak memiliki kendali yang nyata atas situasi eksternal yang mengelilingi peristiwa. Lalu bagaimana kita dapat benar-benar menjadi tuan dari setiap tindakan, proyek, keadaan, atau situasi dimana kita mengambil bagian didalamnya? Bagaimana kita mengatasi rintangan yang muncul di luar kendali kita?
Pengalaman spiritual kaum winasis terpilih sepanjang masa menunjukkan bahwa kita dapat memperoleh kontrol ini dengan mengembangkan disiplin sederhana. Yaitu dengan menerobos ke kesadaran yang lebih tinggi yaitu kesadaran Ilahi. Jika kita mau kita pada hakikatnya memiliki koneksi yang terbuka hingga tak terbatas, melampaui keterampilan, pengetahuan, sikap, dan kemampuan lainnya.
Kekuatan untuk bekerjasama dengan Ilahi ini akan mampu memecahkan masalah, menyelesaikan konflik, melarutkan kebiasaan yang beku dan sifat-sifat yang tidak diinginkan. Sekaligus akan membuka peluang-peluang baru, menghasilkan kesegaran dan kenikmatan dalam segala sesuatu yang kita lakukan, memperlebar kepribadian, memperdalam kesadaran kita, dan mengungkapkan batin yang sejati.
Teknik untuk bekerjasama dengan Daya Ilahi sebagai berikut: Sebelum Anda memulai setiap kegiatan yang penting, biasakan untuk membuka diri terhadap kekuatan yang lebih tinggi untuk beberapa saat. Kemudian baru mengambil tindakan. Lihat apakah aksi berakhir dengan hasil positif. Banyak dari kita telah menggunakan doa atau meditasi sebagai cara untuk memecahkan masalah yang serius dalam kehidupan kita. Teknik tersebut terbukti dapat membawa keberuntungan besar dan kebahagiaan dalam hidup kita. Salah satu teknik yang kuat adalah sesuatu yang erat kaitannya dengan doa. Pengalaman membuktikan jika kita memanggil kekuatan spiritual yang lebih tinggi cepat atau lambat maka Yang Dipanggil akan merespon dalam cara yang sangat positif.
KESIMPULAN
Keterampilan tertinggi dari ruh adalah pengakuan bahwa ada sesuatu yang melampaui segala keterampilan, di luar pengetahuan kita, bahkan melampaui emosi ruhani kita. Itu adalah iman. Iman adalah intuisi pikiran yang mengakui ketinggian kebenaran ruhani. Iman adalah pengetahuan tentang kebenaran jiwa dalam diri kita yang selama ini belum ditemukan.  Kita biasakan untuk selalu memiliki iman pada setip kesempatan. Berkelanjutan iman kepada Yang Ilahi merupakan indikasi bahwa kesadaran ruh telah menjadi dasar hidup kita. Ini membuka kita ke kemungkinan yang tak terbatas dalam hidup, dan membawa kita ke dalam sebuah hubungan yang lebih dekat dengan sangkan paraning dumadi.
Ketika kita pertama kali berhubungan dengan ruh, kita akan memiliki keinginan untuk tetap dekat dengannya dalam kehidupan kita. Namun, aspirasi biasanya memudar surut dari waktu ke waktu. Untuk menghidupkan kembali hubungan kita dengan ruh dan manfaatnya untuk perdamaian, kebahagiaan, cahaya, kebenaran, dan kemungkinan tak terbatas, maka kita perlu melakukan upaya terus menerus untuk membawa kembali ke kehidupan kita. Upaya ini harus tanpa henti, dan harus merangkul semua bagian dari kodrat kita sampai membakar api di dalam diri kita sebagai aspirasi konstan untuk bersatu dengan Ilahi. Dengan memiliki aspirasi manunggal dengan Ilahi dalam hidup kita, kita menjadikanNya sebagai bagian di tengah kancah hidup dan keberadaan kita. Dia akan menjadi cahaya diri sejati kita.
Akhirnya, di luar upaya kita untuk berhubungan dengan diri sejati atau ruh kita, ada kita yakin ada tindakan langsung dari Tuhan. Tuhan akan masuk ke dalam kehidupan kita, mengatur dan melakukan segala sesuatu untuk kita dan dunia kita. Kita haruskan diri kita untuk disiplin melakukan doa, meditasi, kontemplasi, atau memperoleh pengetahuan untuk mengalami dan merasakan kesadaran spiritual. Selanjutnya adalah membuat koneksi ke ruh melalui doa, dan memanggil ruh kita sendiri (Niat ingsun…) dan membiasakannya menjadi bagian dari kehidupan kita. Integrasikan ruh ke rutinitas sehari-hari dan inilah perjuangan dan pengorbanan terbesar hidup kita. Selamat Hari Raya Idul Adha 1430 H.

Comments

Popular posts from this blog

Mantra hipnotis merangsang wanita jarak jauh dan dekat paling ampuh

Mantra mrmbuat Orgasme wanita

Ayat Pucuk APi Neraka Jahanam